Evaluasi Usability Pada Aplikasi Ferizy Menggunakan Metode Usability Testing dan Usefulness, Satisfaction, Ease of Use (USE) Questionnaire
Ferizy adalah aplikasi keluaran dari PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang
memberikan layanan pemesanan tiket kapal ferry secara online. Aplikasi Ferizy
memiliki rating 2,3 di playstore dan hasil ulasan oleh user aplikasi Ferizy memiliki
masalah tampilan, fitur aplikasi, dan terjadinya error ketika menggunakan aplikasi
Ferizy. Berdasarkan permasalahan dari aplikasi Ferizy yang sesuai dengan masalah
usability, maka penelitian ini akan melakukan evaluasi usability pada aplikasi
Ferizy. Tahapan pelaksanaan penelitian ini adalah evaluasi usability aplikasi Ferizy
eksisting, pembuatan rekomendasi perbaikan, dan evaluasi usability hasil
rekomendasi perbaikan kemudian dibandingkan dengan aplikasi Ferizy eksisting.
Metode yang digunakan untuk evaluasi usability adalah usability testing serta
kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE). Usability testing serta
pemberian kuesioner USE dilakukan pada 20 user yang terdiri atas user expert dan
user pemula. Hasil evaluasi usability testing aplikasi Ferizy eksisting memperoleh
4 permasalahan usability yakni pada menu login, menu pengisian biodata diri, menu
pembayaran, dan terkait dengan tampilan. Pembuatan rekomendasi perbaikan
berdasarkan prinsip 8 Golden Shneiderman dilakukan pada halaman menu yang
bermasalah. Hasil usability testing dan pengisian kuesioner USE dari rekomendasi
perbaikan aplikasi Ferizy memberikan peningkatan, sehingga pembuatan
rekomendasi perbaikan yang dilakukan dapat meningkatkan prinsip usability dari
aplikasi Ferizy.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2403060001
Keyword
usability, usability testing, kuesioner USE, Feriz