(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi Usability Pada Aplikasi Ferizy Menggunakan Metode Usability Testing dan Usefulness, Satisfaction, Ease of Use (USE) Questionnaire


Ferizy adalah aplikasi keluaran dari PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang memberikan layanan pemesanan tiket kapal ferry secara online. Aplikasi Ferizy memiliki rating 2,3 di playstore dan hasil ulasan oleh user aplikasi Ferizy memiliki masalah tampilan, fitur aplikasi, dan terjadinya error ketika menggunakan aplikasi Ferizy. Berdasarkan permasalahan dari aplikasi Ferizy yang sesuai dengan masalah usability, maka penelitian ini akan melakukan evaluasi usability pada aplikasi Ferizy. Tahapan pelaksanaan penelitian ini adalah evaluasi usability aplikasi Ferizy eksisting, pembuatan rekomendasi perbaikan, dan evaluasi usability hasil rekomendasi perbaikan kemudian dibandingkan dengan aplikasi Ferizy eksisting. Metode yang digunakan untuk evaluasi usability adalah usability testing serta kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE). Usability testing serta pemberian kuesioner USE dilakukan pada 20 user yang terdiri atas user expert dan user pemula. Hasil evaluasi usability testing aplikasi Ferizy eksisting memperoleh 4 permasalahan usability yakni pada menu login, menu pengisian biodata diri, menu pembayaran, dan terkait dengan tampilan. Pembuatan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip 8 Golden Shneiderman dilakukan pada halaman menu yang bermasalah. Hasil usability testing dan pengisian kuesioner USE dari rekomendasi perbaikan aplikasi Ferizy memberikan peningkatan, sehingga pembuatan rekomendasi perbaikan yang dilakukan dapat meningkatkan prinsip usability dari aplikasi Ferizy.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2403060001

Keyword
usability, usability testing, kuesioner USE, Feriz