(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Geometrik Jalan Tol Indralaya Muara Enim Seksi Indralaya - Prabumulih Sta 0+000 - Sta 9+226,7


Peningkatan penduduk yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan selama 3 tahun sebesar 3,888 persen dengan jumlah penduduk 409.171 jiwa pada tahun 2015 dan meningkat sebanyak 409.032 jiwa (BPS, 2018). Semakin banyaknya penduduk, maka semakin banyak pula aktivitas yang dilakukan masyarakat sekitar, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan arus lalu lintas yang dapat mengakibatkan kemacetan. Solusi untuk mengurangi kemacetan salah satunya dengan adanya pembangunan Jalan Tol Indralaya-Muara Enim sepanjang 119 km untuk memberikan kemudahana dalam melakukan kegiatan keseharian dalam meningkatkan perekonimian daerah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan geometrik jalan Tol Trans Sumatera Seksi Indralaya – Prabumulih pada STA 0+000 sampai dengan STA 9+226,7 yang sesuai dengan parameter acuan yaitu Pedoman Desain Perkerasan Jalan 2020. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data sekunder seperti peta topografi dan data curah hujan yang diolah menggunakan Software AutoCAD Civil 3D. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh volume timbunan dan galian pada penelitian ini sebesar 362.045,2 m3 dan 112.331,7 m3. Desain geometrik alinyemen horizontal yang diperoleh berupa 4 buah tikungan full circle (F-C) dan 20 rancangan lengkung dengan 11 tipe cembung dan 9 tipe cekung. Selain itu, diperoleh tipe dimensi saluran tepi jalan berbentuk trapesium dan gambar dimensi gorong – gorong memiliki ujung berbentuk persegi dengan material beton. Lebar dimensi bawah (b) sebesar 0,4 m dan kedalaman (d) 0,5 m dengan perbandingan (z) 1:1. Penelitian ini juga didapatkan 6 titik saluran drainase dengan perolehan nilai debit terbesar terdapat pada titik PVU-17 sebesar 18,37 persen.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2402260012

Keyword
Jalan Tol Geometrik Jalan Alinyemen Horizontal Alinyemen Vertikal Drainase