(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kajian Dan Perbandingan Nilai Ekuivalensi Kendaraan Ringan Pada Simpang Bersinyal Di Kota Bandar Lampung


Nilai ekuivalensi kendaraan ringan (ekr) merupakan nilai digunakan untuk mengubah satuan arus lalu lintas dari kendaraan/jam menjadi satuan kendaraan ringan/jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai arus jenuh menggunakan metode PKJI 2023 dan nilai arus jenuh lapangan. Kemudian mengetahui nilai ekuivalensi sepeda motor (MC) dan kendaraan berat (HV) pergerakan lurus dan belok kanan pada simpang bersinyal lengan empat di Kota Bandar Lampung. Metode pengambilan data dengan cara survey lalu lintas traffic counting. Analisis penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Produt and Service Solution). Hasil penelitian menunjukkan nilai arus jenuh berdasarkan metode PKJI 2023 lebih kecil dibandikan dengan nilai arus jenuh lapangan dikarenakan adanya perbedaan karakteristik lalu lintas dan perilaku pengendara. Dari hasil uji signifikansi anatar nilai ekr hasil analisis dengan nilai ekr PKJI 2023 diperoleh hasil bahwa nilai ekr MC berbeda secara signifikan dengan tingkat signifikansi 95% juga untuk nilai ekr HV berbeda secara signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai ekr PKJI 2023 tidak sesuai dengan ekr hasil penelitian.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2402180001

Keyword
ekr regesi linier ekuivalensi kendaraan ringan simpang bersinyal