(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERANCANGAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN ANALOGI SIMBOLIK FILOSOFI “JEMBATAN ILMU”


Perpustakaan merupakan komponen pendukung dalam sebuah instuisi akademik yang berperan dalam penyediaan layanan untuk memenuhi kebutuhan informasi sebagai sumber acuan pembelajaran. Perpustakaan perguruan tinggi merupakan jembatan program pendidikan di perguruan tinggi yang memfasilitasi sarana dan prasarana pendidikan guna menunjang proses belajar dan mengajar. Pada perpustakaan Universitas Lampung menerapkan konsep perpustakaan hibrida yang ingin dikembangkan oleh pihak Universitas Lampung dengan adanya perkembangan di bidang pendidikan khususnya teknologi. Sebagai respons terhadap hal ini, pihak Universitas Lampung ingin membangun perpustakaan pusat yang baru dengan menerapkan pendekatan analogi simbolik filosofi “Jembatan Ilmu” yang mencerminkan nilai akademis dan instituisi yang ingin di kembangkan. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merencanakan suatu Perpustakaan Pusat Universitas Lampung dengan pendekatan analogi dan membuka wawasan terhadap ilmu arsitektur perencanaan perpustakaan di Indonesia sebagai sarana fasilitas pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi seluruh civitas akademika yang berada di lingkungan perguruan tinggi yang mengalami perkembangan yang pesat. Hasil rancangan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi lembaga pengembang dan pemangku kepentingan dalam merancang bangunan perpustakaan dengan pendekatan analogi pada lingkungan perguruan tinggi.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2402010049

Keyword
Arsitektur, Perpustakaan, Analogi Bentuk