(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS RENCANA IMPLEMENTASI SISTEM SATU ARAH PADA JALAN BRIGJEN KATAMSO KOTA BANDAR LAMPUNG


Peningkatan jumlah kendaraan yang diakibatkan oleh tingginya pertumbuhan penduduk menyebabkan terjadinya kemacetan pada ruas jalan Kota Bandar Lampung. Salah satunya adalah ruas Jalan Brigjen Katamso yang berada di pusat Kota Bandar Lampung dan berada tepat di lingkungan komersil seperti pusat perbelanjaan, pasar, serta pertokoan. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen lalu lintas pada ruas ini untuk meningkatkan kinerja ruas jalan yaitu lalu lintas sistem satu arah. Dalam meningkatkan kinerja ruas jalan, dibutukan pengukuran kapasitas jalan, derajat kejenuhan, serta kecepatan arus bebas pada kondisi eksisting jalan ini dengan menggunakan panduan PKJI 2023. Ruas ini memiliki tipe jalan empat lajur dua arah terbagi (4/2-T) pada kondisi eksisting serta memiliki derajat kejenuhan sebesar 0,45 pada jalur ke arah barat dan 0,19 pada jalur ke arah timur. Manajemen lalu lintas pada ruas ini dilakukan dengan cara memberlakukan sistem satu arah. Terdapat dua skenario dalam memberlakukan sistem satu arah, yaitu tiga lajur satu arah (sknario I) dan empat lajur satu arah (skenario II). Skenario tersebut menghasilkan kinerja ruas yang lebih baik, pada jalur arah barat dengan derajat kejenuhan menurun menjadi 0,33 pada skenario I dan menrun menjadi 0,28 pada skenario II. Sementara pada jalur arah timur terjadi peningkatan derajat kejenuhan, pada skenario I derajat kejenuhan meningkat dari 0,19 menjadi 0,30 sementara pada skenario II meningkat menjadi 0,26. Berdasarkan hal tersebut, implementasi sistem satu arah lebih efektif apabila diberlakukan pada jalur arah barah Jalan Brigjen Katamso.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401310018

Keyword
Kinerja Jalan, Sistem Satu Arah, Derajat Kejenuhan