Pengaruh label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian (studi kasus toko roti X di kabupaten Pringsewu)
Pengaruh Label Halal dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan
Pembelian (Studi Kasus Konsumen Toko Roti X di Kabupaten Pringsewu)
Anna Lutfi’ah 119330021
Deni Subara, S.Si., M.T., Ph.D dan Amalia Afifah, S.T.P., M.Si
ABSTRAK
Meningkatnya jumlah konsumsi roti di Indonesia disebabkan karena adanya
faktor yang mempengaruhi kebiasaan masyarakat yaitu perubahan gaya hidup
yang semakin sibuk. Hal ini membuat masyarakat memilih roti untuk dijadikan
sarapan karena cepat dan praktis, sehingga akan terus membeli roti. Fenomena ini
mendorong untuk produsen memahami faktor keputusan pembelian, salah satunya
adalah label halal dan kesadaran merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan
pembelian. Jenis penelitian ini adalah accidental sampling yang pengambilan
sampelnya berdasarkan kebetulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
toko roti X di Kabupaten Pringsewu dengan teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah non-probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak
100 responden, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan
karakteristik konsumen yang berumur lebih dari 17 tahun, beragama islam dan
pernah membeli roti di toko roti X. Metode yang digunakan adalah analisis regresi
linier berganda dengan bantuan sofware SPSS 26. Hasil uji t pada label halal (X1)
menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian. Artinya konsumen pada Toko Roti X akan tetap membeli produk
meskipun tidak ada label halal pada kemasan produk tersebut. Hasil uji t pada
kesadaran merek (X2) menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya konsumen
memiliki kesadaran yang tinggi mereka membeli roti di Toko Roti X atas dasar
menyadari akan membeli produk roti tersebut. Hasil uji f variabel label halal dan
kesadaran merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Label halal, kesadaran merek, regresi linier berganda, keputusan
pembelian.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401290013
Keyword
Label halal, kesadaran merek, regresi linier berga