(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengaruh label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian (studi kasus toko roti X di kabupaten Pringsewu)


Pengaruh Label Halal dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Toko Roti X di Kabupaten Pringsewu) Anna Lutfi’ah 119330021 Deni Subara, S.Si., M.T., Ph.D dan Amalia Afifah, S.T.P., M.Si ABSTRAK Meningkatnya jumlah konsumsi roti di Indonesia disebabkan karena adanya faktor yang mempengaruhi kebiasaan masyarakat yaitu perubahan gaya hidup yang semakin sibuk. Hal ini membuat masyarakat memilih roti untuk dijadikan sarapan karena cepat dan praktis, sehingga akan terus membeli roti. Fenomena ini mendorong untuk produsen memahami faktor keputusan pembelian, salah satunya adalah label halal dan kesadaran merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah accidental sampling yang pengambilan sampelnya berdasarkan kebetulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen toko roti X di Kabupaten Pringsewu dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan karakteristik konsumen yang berumur lebih dari 17 tahun, beragama islam dan pernah membeli roti di toko roti X. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan sofware SPSS 26. Hasil uji t pada label halal (X1) menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya konsumen pada Toko Roti X akan tetap membeli produk meskipun tidak ada label halal pada kemasan produk tersebut. Hasil uji t pada kesadaran merek (X2) menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya konsumen memiliki kesadaran yang tinggi mereka membeli roti di Toko Roti X atas dasar menyadari akan membeli produk roti tersebut. Hasil uji f variabel label halal dan kesadaran merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Label halal, kesadaran merek, regresi linier berganda, keputusan pembelian.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401290013

Keyword
Label halal, kesadaran merek, regresi linier berga