Pengaruh label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian (studi kasus toko roti X di kabupaten Pringsewu) 
		
		
		
			Pengaruh Label Halal dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan 
Pembelian (Studi Kasus Konsumen Toko Roti X di Kabupaten Pringsewu)
Anna Lutfi’ah 119330021
Deni Subara, S.Si., M.T., Ph.D dan Amalia Afifah, S.T.P., M.Si
ABSTRAK
Meningkatnya jumlah konsumsi roti di Indonesia disebabkan karena adanya 
faktor yang mempengaruhi kebiasaan masyarakat yaitu perubahan gaya hidup 
yang semakin sibuk. Hal ini membuat masyarakat memilih roti untuk dijadikan 
sarapan karena cepat dan praktis, sehingga akan terus membeli roti. Fenomena ini 
mendorong untuk produsen memahami faktor keputusan pembelian, salah satunya 
adalah label halal dan kesadaran merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk 
mengetahui pengaruh label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan 
pembelian. Jenis penelitian ini adalah accidental sampling yang pengambilan 
sampelnya berdasarkan kebetulan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen 
toko roti X di Kabupaten Pringsewu dengan teknik pengambilan sampel yang 
digunakan adalah non-probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 
100 responden, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan 
karakteristik konsumen yang berumur lebih dari 17 tahun, beragama islam dan 
pernah membeli roti di toko roti X. Metode yang digunakan adalah analisis regresi 
linier berganda dengan bantuan sofware SPSS 26. Hasil uji t pada label halal (X1) 
menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan 
pembelian. Artinya konsumen pada Toko Roti X akan tetap membeli produk 
meskipun tidak ada label halal pada kemasan produk tersebut. Hasil uji t pada
kesadaran merek (X2) menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek 
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya konsumen 
memiliki kesadaran yang tinggi mereka membeli roti di Toko Roti X atas dasar 
menyadari akan membeli produk roti tersebut. Hasil uji f variabel label halal dan 
kesadaran merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. 
Kata Kunci: Label halal, kesadaran merek, regresi linier berganda, keputusan 
pembelian. 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401290002 
			Keyword 
			
Label halal, kesadaran merek, regresi linier berga