(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengukuran Kinerja Antrian Teller PT. Bank Syariah Indonesia Cabang Kedaton Bandar Lampung


Sebagai lembaga keuangan yang menyediakan beragam layanan kepada nasabahnya, PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) di Cabang Kedaton Bandar Lampung menerapkan sistem antrian untuk memberikan pelayanan transaksi dan layanan keuangan. Salah satu masalah yang sering dihadapi nasabah pada BSI adalah lamanya menunggu antrian yang biasanya disebabkan oleh kebutuhan pelayanan yang melebihi kapasitas pelayanan. Penelitian ini menganalisis sistem antrian layanan teller di BSI Cabang Kedaton Bandar Lampung dengan data sekunder yang digunakan melibatkan jumlah kedatangan nasabah selama satu bulan, yakni pada bulan Juni 2023. Hasil kajian ini yaitu model antrian (M/M/s):(FIFO/∞/∞) dengan M menyatakan pola kedatangan berdistribusi Poisson dan pola pelayanan berdistribusi Eksponensial, lalu s menyatakan banyaknya server, dengan disiplin antrian yaitu First In First Out (FIFO), dan ∞ menyatakan kapasitas nasabah yang dapat diantrikan dan dilayani, dengan struktur antrian Multi Channel - Single Phase. Analisis menunjukkan bahwa dua teller yang digunakan sudah cukup baik, namun pada pukul 13.00-14.00 jumlah nasabah yang mengantri melebihi nilai ekspektasi. Berdasarkan perhitungan, dengan menambahkan satu teller dapat menghasilkan pelayanan teller yang lebih baik sehingga kinerja pelayanan akan meningkat.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401240049

Keyword
Layanan Teller, Sistem Antrian, Pola Kedatangan, P Teller Services, Queuing System, Arrival Pattern,