SIMULASI KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN KENDALA BOTTLENECK MENGGUNAKAN METODE NUMERIK PADA PERSAMAAN TRANSPORT
Kemacetan jalan merupakan kejadian yang umum terjadi di jalan raya dan disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab kemacetan ialah penyempitan jalan atau bottleneck. Untuk memahami(menganalisis) bottleneck tersebut dilakukan beberapa pendekatan, salah satunya dengan memahami variabel yang ada dan menerapkannya kedalam model Lighthill-Whitham-Richads (LWR) dan model greenshields untuk mendapatkan model matematisnya. Setelah model matematis didapatkan, selanjutnya untuk menganalisisnya dilakukan sebuah simulasi dengan metode finite volume dengan batasan kepadatan awal sebelum terjadi bottleneck tetap dan kepadatan awal saat bottleneck yang divariasikan. Berdasarkan hasil simulasi tersebut disimpulkan bahwa dengan semakin bertambahan selisih antara kepadatan awal sebelum bootleneck dan kepadatan awal saat bottleneck menyebabkan nilai rangkine-hugoniot semakin besar sehingga ekor antrian akan semakin panjang. Hasil simulasi numerik dari rangkine-hugoniot menunjukkan gradien shockline secara numerik yang berhimpit dengan gradien shockline secara analitik dan terkonfirmasi juga bahwa simulasi numerik finite volume dapet menunjukkan panjang antrian.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401240014
Keyword
Kemacetan, Bottleneck, Lighthill-Whitham-Richads,