(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK DAN PELAYANAN JASA MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: CV JENAR MAHESA PUTIH)


CV. Jenar Mahesa putih merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan produk elektronik dan pelayanan jasa service. Dalam pengelolaan pemasaran yang digunakan masih menggunakan sistem manual seperti penggunaan brosur, majalah, dan katalog untuk memasarkan produk. Pada layanan service barang, konsumen yang menitipkan barang untuk dilakukan perbaikan tidak mengetahui bagaimana perkembangan dari barang yang diperbaiki dan mengharuskan konsumen menghubungi secara langsung kepada para pegawai di perusahan, ataupun mendatangi secara langsung perusahaan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi mengenai produk perusahaan dan pelacakan perkembangan dari service barang. Dalam pembuatan sistem, peneliti menggunakan metode Personal Extreme Programming untuk pengembangan perangkat lunak dan mengumpulkan data melalui wawancara dengan wakil direktur CV. Jenar Mahesa Putih kemudian data tersebut diolah menjadi kebutuhan fungsional dan nonfungsional sistem. Setelah itu, penulis melakukan planning untuk mengatur kebutuhan sistem tersebut kedalam 4 iterasi. Selanjutnya dilakukan implementasi dengan 3 tahapan yaitu code generation, unit testing, dan refactor. Dilanjutkan dengan pengujian berdasarkan fungsionalitas sistem dan tampilan sistem. Pengujian fungsionalitas dilakukan dengan menggunakan metode black box sebanyak 99 test case pada unit testing dan 44 test case pada system testing dengan persentase 96

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401230045

Keyword
Penjualan Produk Personal Extreme Programming Pelacakan Service Barang