(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KEMACETAN ARUS LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN MODEL GREENSHIELDS (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Pagar Alam – Jalan Teuku Umar, Kota Bandar Lampung)


Persimpangan Jalan Pagar Alam-Jalan Teuku Umar merupakan simpang yang tidak memiliki rambu pengatur lalu lintas dengan kondisi persimpangan cukup padat dan sibuk berada di Kota Bandar Lampung. Simulasi pengaturan lalu lintas berupa rekayasa buka tutup jalan dilakukan untuk mengetahui panjang antrean yang terbentuk dan memperoleh waktu simulasi terbaik dengan panjang antrean terpendek menggunakan prinsip metode grafik pada model Greenshields. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa skenario simulasi buka-tutup jalan, bahwa panjang antrean terpendek adalah 11 meter terjadi di Jalan Teuku Umar simulasi 15:!2. Sedangkan panjang antrean terpanjang berada pada Jalan Pagar Alam sepanjang 56 meter di simulasi 20:40. Sehingga simulasi rekayasa buka tutup jalan yang paling optimal digunakan adalah simulasi 15:12 yang diperoleh dari Siklus Optimum Metode Webster

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401230030

Keyword
Kata Kunci: Model Greenshields, Panjang Antrean,