(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGEMBANGAN SISTEM SIMULASI E-TENDER BERBASIS ANDROID DENGAN FITUR BLOCKCHAIN MENGGUNAKAN METODE MODIFIED WATERFALL (STUDI KASUS: SMKN 7 BANDAR LAMPUNG)


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat telah mengubah paradigma di berbagai sektor, termasuk pengadaan barang dan jasa, sehingga memunculkan pendekatan baru seperti E-Tender yang memberikan efisiensi dalam proses pengadaan barang dan jasa. Siswa jurusan akuntansi di SMKN 7 Bandar Lampung mempelajari konsep E-Tender pada kelas 11 dan 12, namun pendekatan pembelajaran yang bersifat teoritis menyebabkan kurangnya pemahaman akan tantangan yang sebenarnya muncul dalam penerapan E-Tender seperti kecurangan antara pemberi kerja dan penyedia. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan aplikasi simulasi E-Tender berbasis Android dengan fitur blockchain menggunakan metode Modified Waterfall dan melakukan pengujian sistem yang telah dikembangkan melalui pendekatan Black Box testing dan User Experience Question (UEQ). Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Modified Waterfall dengan tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem simulasi E-Tender berhasil dikembangkan dengan metode Modified Waterfall. Pengujian sistem yang telah dikembangkan berhasil melalui pendekatan Black Box testing memperoleh hasil 100% valid. Hasil yang diperoleh dari pengujian UEQ terhadap 80 responden mendapatkan hasil yang baik. Aspek Attractiveness mendapatkan hasil dengan nilai 1.84. Kemudian nilai dari aspek Pragmatic Quality adalah 1.78 dengan nilai 1.747 pada aspek Perspicuity, 1.731 pada aspek Efficiency, dan 1.863 pada aspek Dependability. Hasil pada aspek Hedonic Quality mendapatkan nilai 1.73 dengan penjabaran 1.894 pada aspek Stimulation dan 1.559 pada aspek Novelty.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401160067

Keyword
E-Tender, Blockchain, Android, Modified Waterfall