(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STUDI NUMERIK KINERJA WIND TUNNEL SUBSONIK TIPE OPEN-CIRCUIT VARIASI KECEPATAN PADA TEST SECTION MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS


Teknologi wind tunnel kemungkinan besar akan terus berkembang secara dinamis dan terus menerus. Jenis wind tunnel tipe sirkuit terbuka adalah jenis wind tunnel yang memiliki diffuser, intake dan exhaust serta tidak memiliki. Namun, metode pengujian wind tunnel eksperimental bukanlah satu-satunya pilihan untuk menghasilkan data, biaya yang besar menjadi salahs satu pertimbangan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji keseragaman wind tunnel subsonik tipe sirkuit terbuka dengan variasi kecepatan aliran udara menggunakan computational fluid dyanamics (CFD) Ansys Fluent. Hasil simulasi antara model viskositas k-epsilon dan k-omega dibandingkan dalam penelitian ini. Nilai maksimum tertinggi diperoleh pada variasi masukan 3,5 m/s pada titik 1, 3, 7, dan 9 model k-omega dan k-epsilon, yaitu 26,01, 26,01, 26,02 (k-omega), dan 26,01 (k-epsilon), secara berturut-turut. Selanjutnya, penelitian ini melibatkan analisis tekanan yang terjadi pada masing-masing model viskositas k-epsilon dan k-omega, serta tingkat perbedaan kecepatan aliran udara masukan mulai dari variasi masukan 1,3 m/s, 2,4 m/s, dan 3,5 m/s. Penurunan tekanan tertinggi dihasilkan pada variasi masukan 3,5 m/s sebesar 173,33 Pa untuk model viskositas k-omega, diikuti oleh k-epsilon sebesar 160,82 Pa. Kata Kunci: Computational Fluid dynamics (CFD), Wind tunnel, Inlet Velocity.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401160011

Keyword
Kata Kunci: Computational Fluid dynamics (CFD), Wi