(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi Usability Pada Aplikasi E-Commerce Adidas Menggunakan Metode Usability Testing Dan Usefulness, Satisfaction And Ease Of Use (USE) Questionnaire


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kegunaan (usability) aplikasi Adidas dengan menerapkan metode Usability Testing dan Usefulness, Satisfaction, Ease of Use and Ease of Learning (USE) Questionnaire Serta memberikan saran perbaikan untuk masalah usability yang teridentifikasi selama evaluasi usability. Penelitian ini termasuk jenis penelitian desain dan perbaikan. Desain dan perbaikan dilakukan terhadap User Interface (UI) Aplikasi Adidas dengan cara evaluasi usability mnggunakan metode Usability Testing dan Usefulness, Satisfaction, Ease of Use and Ease of Learning (USE) Questionnaire. Dalam penelitian ini, 20 responden dilibatkan sebagai sampel. Teknik pengambilan data pada penelitian ini melibatkan beberapa metode yang berbeda, yaitu: obeservasi, penangkapan layar dan kegiatan pengguna, think aloud, dan angket. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan teknik statistik dekripif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai evaluasi usability yang dihasilkan dari usability testing mengalami peningkatan yang positif dan signifikan. Dimana untuk success rate mengalami peningkatan sebesar 3,22%; time-based efficiency mengalami peningkatan senbesar 0,01 gol/detik; tingkat kesalahan penurunan sebesar 11%; dan nilai kuesioner mengalami peningkatan sebesar 0,04 poin.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401120005

Keyword
Evaluasi Usability Usability Testing USE Questionnaire