(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Strategi Pengembangan Kebudayaan dalam Pariwisata Kota Metro


Kebudayaan merupakan salah satu kekuatan pariwisata nasional, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman kebudayaan yang ada di dalamnya. Dalam perkembangannya, kebudayaan bergerak secara dinamis seiring adanya dinamika yang terjadi pada kebudayaan tersebut, seperti adanya interaksi antar budaya lokal dan budaya pendatang, atau pun adanya internalisasi kebudayaan melalui kepercayaan yang di anut oleh leluhur. Interaksi antar budaya sering terjadi akibat adanya migrasi kelompok penduduk ke daerah tertentu yang disebabkan oleh berbagai hal, termasuk adanya migrasi yang dilakukan oleh pemerintah guna melakukan pemerataan jumlah penduduk. Salah satu Kota yang di bangun dalam rangka pemerataan tersebut adalah Kota Metro, yang pada mulanya merupakan tanah adat bagi masyarakat suku Lampung Adat Buay Nuban. Adanya sejarah tersebut mendorong Kota Metro untuk mengembangkan pariwisata melalui keberagaman kebudayaan. Fokus utama dalam pengembangan kebudayaan dalam pariwisata Kota Metro dianalisis melalui metode pengumpulan data, analisis datam serta penyajian data, yang bertujuan untuk dapat mengetauhi bentuk aktivitas kebudayaan masyarakat, serta pengembangan strategi kebudayaan dalam pariwisata Kota Metro. Hasil penelitian ini dijabarkan menjadi sebuah teks deskriptif secara deduktif. Dengan penjabaran secara umum mengenai kondisi aktivitas kebudayaan di Kota Metro, dan strategi umum pada pengembangan kebudayaan dalam pariwisata di Kota Metro. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kebudayaan Kota Metro dipengaruhi oleh sejarah panjang proses migrasi penduduk etnis jawa, yang diterima dengan baik oleh masyarakat lokal, sehingga menjadikan Kota Metro sebagai wadah heterogen yang berpotensi, namun factor ini juga menjadi persoalan internalisasi kebudayaan lokal. Hal ini tentu menjadi sebuah modal sekaligus bahan pertimbangan dalam pengembangan kebudayaan sebagai kekuatan pariwisata daerah. Strategi prioritas yang dihasilkan pada penelitian ini, didasari pada elemen kekuatan serta potensi yang dimiliki oleh Kota Metro dalam proses analisis SWOT dan Kuadran SWOT. Sehingga dihasilkan strategi yang agresif untuk mendukung pengembangan kebudayaan dalam pariwisata di Kota Metro.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401100006

Keyword
Kebudayaan Pariwisata Strategi