(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Aksi Eksibisionisme


Perancangan kampanye sosial pencegahan aksi eksibisionisme adalah tugas akhir yang bertujuan mencegah fenomena eksibisionisme yang terjadi di wilayah Lampung. Fenomena eksibisionisme merupakan tindakan memamerkan atau mengekspos bagian-bagian tubuh sensual seseorang (erogenous). Perilaku tersebut tidak pantas dan dapat mengganggu ketertiban lingkungan masyarakat serta menyebabkan gangguan psikologis pada korban. Dalam tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan wawancara yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi mengenai eksibisionisme, baik dari sisi perilaku pelaku maupun dampaknya terhadap korban. Berdasarkan analisis dan tinjauan pustaka, dilakukan perancangan desain komunikasi visual yang bertujuan untuk menghimbau masyarakat agar dapat menyikapi tindakan eksibisionisme dengan bijak dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang. Desain tersebut melibatkan penggunaan elemen visual yang kuat dan pesan yang jelas untuk mengkomunikasikan bahaya dan konsekuensi dari eksibisionisme. Melalui perancangan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang eksibisionisme dan mendorong partisipasi aktif dalam pencegahan serta memberikan dukungan kepada korban. Selain itu, tugas akhir ini juga memberikan rekomendasi tentang media yang tepat untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat terkait dengan fenomena eksibisionisme di Wilayah Lampung. Kata Kunci: Eksibisionisme; Desain Komunikasi Visual; Iklan Layanan Masyarakat; Kampanye

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401050006

Keyword