Implementasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Ikatan Emosional Antara Pelanggan, Driver Dan Perusahaan Maxim Bandar Lampung Menggunakan Metode Service Quality, Human Sigma Dan Importance Performance Analysis
Kepuasan pelanggan dan driver terhadap layanan Maxim Bandar Lampung
merupakan salah satu faktor yang dapat membentuk loyalitas antara pelanggan
dan karyawan terhadap Maxim. Maxim adalah salah satu dari layanan transportasi
online yang diminati oleh masyarakat Bandar Lampung, namun tingkat kepuasan
pelanggan masih belum stabil dilihat dari banyaknya komplain karena
ketidaksesuaian pelayanan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi ikatan emosional antara karyawan, pelanggan dan perusahaan
dengan metode Human Sigma (HS), mengidentifikasi kepuasan pelanggan dengan
metode Service Quality, mengidentifikasi prioritas atribut pelayanan dengan
metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengidentifikasi usulan
perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis yang
dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai Customer Engagement (CE) sebesar
48,2%, Employment Engagement (EE) sebesar 42,9%, dan HS sebesar 32,1%
yang artinya hubungan antara karyawan, pelanggan dan Perusahaan masih kurang
optimal. Selain itu, Kesenjangan gap antara ekspektasi dengan persepsi pengguna
bernilai negatif yaitu sebesar -9.54 yang artinya pelanggan belum merasa puas
terhadap layanan yang diberikan. Oleh karena itu, berdasarkan analisis IPA dapat
diketahui beberapa atribut yang diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan yaitu
menerapkan beberapa SOP yang berkaitan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401020004
Keyword