(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS TEGANGAN DAN LENDUTAN PERKERASAN KAKU TERHADAP BEBAN KENDARAAN (Studi Kasus : Jalan Soekarno-Hatta STA 0+500 s.d. STA 1+000, Palembang, Sumatera Selatan)


Banyak faktor yang bisa menyebabkan kerusakan jalan diantaranya lalu lintas padat, yang tidak diiringi dengan baiknya kualitas material pelat jalan, dan nilai daya dukung rendah, sehingga menimbulkan defleksi berlebihan. Pada pelat yang dilintasi kendaraan dengan muatan sumbu terberat yang sama, akan menghasilkan defleksi berbeda jika dimodelkan dengan adanya variasi mutu beton terhadap nilai modulus reaksi tanah dasar (kv). Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga sebagai program bantu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan tarik dan lendutan dengan memodelkan pelat pada software ETABS 18 serta posisi pembebanan di tepi dan tengah pelat dengan variasi nilai mutu beton fc’15 MPa, fc’ 20 MPa, fc’ 25 MPa, fc’ 30 MPa, dan fc’ 35 MPa, selanjutnya mengetahui perbandingan nilai tegangan dan lendutan hasil pemodelan pada posisi pembebanan di tepi dan tengah pelat terhadap tegangan tarik izin berdasarkan SNI 2847-2019 saat kondisi servis. Penelitian ini menggunakan data sekunder jalan Soekarno-Hatta, Palembang. Dari data sekunder dilakukan pemodelan untuk mendapatkan keluaran hasil tegangan dan lendutan. Berdasarkan pemodelan dengan software didapatkan nilai tegangan dan lendutan pada masing-masing variasi mutu beton dan posisi pembebanan, memenuhi nilai tegangan tarik dan lendutan izin yang disyaratkan pada SNI 2847-2019. Nilai tegangan tarik terbesar pada masing-masing posisi pembebanan terletak pada mutu beton fc’35 MPa, dan nilai lendutan terbesar terletak pada mutu beton fc’15 MPa. Semakin besar mutu beton maka nilai lendutan yang dihasilkan semakin kecil dan nilai tegangan tarik semakin besar. Pola gelombang lendutan dipengaruhi oleh posisi pembebanan, semakin dalam gelombang lendutan yang dihasilkan menunjukkan mutu beton yang digunakan semakin rendah.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2311200007

Keyword
Pelat, Lendutan, Tegangan Tarik, Mutu Beton, Beban Slab, Deflection, Tensile Stress, Concrete Quality