(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Perbandingan Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Pemodelan Greenshields, Greenberg, dan Underwood pada Ruas Jalan Z. A. Pagar Alam Bandar Lampung


Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan yang umum terjadi terutama di lalu lintas perkotaan, salah satunya yaitu pada Jalan Z. A. Pagar Alam Bandar Lampung. Peristiwa kemacetan yang cukup parah diakibatkan oleh arus lalu lintas yang tinggi dan melebihi kapasitas dari ruas jalan, sehingga hal ini sangat berdampak pada kinerja ruas jalan tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan analisis mengenai kapasitas ruas jalan melalui hubungan antara arus, kecepatan, dan kepadatan sebagai karakteristik utama lalu lintas menggunakan metode PKJI 2023 dan juga menggunakan pemodelan Greenshields, Greenberg, serta Underwood. Hasil kapasitas dari ketiga pemodelan tersebut nantinya akan dibandingkan dengan kapasitas menggunakan metode PKJI 2023. Adapun kapasitas yang dihasilkan dari metode PKJI 2023 yakni sebesar 4.205 smp/jam. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai Vm (kapasitas) dari ketiga pemodelan yang paling mendekati nilai kapasitas metode PKJI 2023 yaitu sebesar 2.506 smp/jam di segmen 1 pada arah Rajabasa menggunakan pemodelan Greenshields. Lalu, untuk tingkat pelayanan Jalan Z. A. Pagar Alam Bandar Lampung yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 96 Tahun 2015, diperoleh level E yang menandakan bahwa ruas jalan ini memiliki kinerja yang buruk dengan kondisi arus tidak stabil, volume hampir melampaui kapasitas, dan terjadi kemacetan dalam kurun waktu singkat.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2311020003

Keyword