Evaluasi Blackspot Area Jalan (Studi kasus Ruas Jalan Ir. Sutami Bandar Lampung)
Salah satu masalah yang sering terjadi di jalan raya adalah kecelakaan lalu lintas.
Selama tahun 2016, di ruas jalan Ir. Sutami tercatat 381 kejadian kecelakaan lalu
lintas dengan jumlah korban meninggal dunia 168 jiwa. Tujuan penelitian adalah
untuk menganalisis karakteristik kecelakaan lalu lintas dan menentukan lokasi
blackspot dengan metode Upper Control Limit (UCL) serta menyusun
rekomendasi sebagai upaya penanganan lokasi blackspot berdasarkan hasil audit
defisiensi infrastruktur keselamatan jalan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh
karakteristik kecelakaan lalu lintas dari tahun 2016-2020 berdasarkan tahun
terjadinya, paling sering terjadi di tahun 2016 berdasarkan waktu terjadinya
kecelakaan didominasi kecelakaan pada pukul 12.00-18.00 WIB. Tingkat fatalitas
korban kecelakaan didominasi oleh korban luka berat. Jenis tabrakan yang sering
terjadi yaitu tabrakan depan-depan dengan kendaraan yang paling banyak terlibat
kecelakaan adalah sepeda motor. Lokasi black spot yang diperoleh dengan
menggunakan metode UCL. Dari hasil audit defisiensi keselamatan jalan,
rekomendasi yang dapat diberikan adalah ruas jalan Ir. Sutami dengan memasang
rambu batas kecepatan maksimum sebesar 40 km/jam. memperbaiki kerusakan
pada perkerasan jalan dan memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar
30 km/jam.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2310130010
Keyword
Kecelakaan , Blackspot, Keselamatan.