(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pemodelan Kemacetan Lalu Lintas Akibat Kereta Api Batu Bara di Jalan Urip Sumoharjo dengan Menggunakan Model Greenshields


Kemacetan sering kali terjadi di pendekat perlintasan kereta api. Jalan Urip Sumoharjo menjadi salah satu titik kemacetan yang disebabkan oleh penutupan jalan saat kereta api batubara melintas. Untuk mencegah terjadinya konflik lalu lintas, diperlukan rekayasa lalu lintas, salah satu bentuknya adalah dengan membangun underpass. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model yang sesuai dari model greenshields, menyimulasikan shock wave pada lalu lintas, mengetahui perbandingan panjang antrean dan waktu terurai kendaraan Rekayasa simulasi dengan membuat underpass pada perlintasan kereta api adalah solusi paling optimal dikarenakan panjang antrean kendaraan tidak mencapai persimpangan yang berada di dekat perlintasan. Pada arus keluar kendaraan dengan kondisi jalan rusak terdapat peningkatan panjang antrean yang tidak terurai ketika kereta api telah kembali melintas. Waktu terurai yang dihasilkan menjadi semakin panjang ketika adanya hambatan jalan rusak. Namun jika jalan pada rel kereta api tidak rusak, waktu terurai antrean kendaraan menjadi semakin singkat.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309280008

Keyword