Pemodelan Kemacetan Lalu Lintas Akibat Kereta Api Batu Bara di Jalan Urip Sumoharjo dengan Menggunakan Model Greenshields
Kemacetan sering kali terjadi di pendekat perlintasan kereta api. Jalan Urip
Sumoharjo menjadi salah satu titik kemacetan yang disebabkan oleh penutupan
jalan saat kereta api batubara melintas. Untuk mencegah terjadinya konflik lalu
lintas, diperlukan rekayasa lalu lintas, salah satu bentuknya adalah dengan
membangun underpass. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model yang
sesuai dari model greenshields, menyimulasikan shock wave pada lalu lintas,
mengetahui perbandingan panjang antrean dan waktu terurai kendaraan Rekayasa
simulasi dengan membuat underpass pada perlintasan kereta api adalah solusi
paling optimal dikarenakan panjang antrean kendaraan tidak mencapai
persimpangan yang berada di dekat perlintasan. Pada arus keluar kendaraan dengan
kondisi jalan rusak terdapat peningkatan panjang antrean yang tidak terurai ketika
kereta api telah kembali melintas. Waktu terurai yang dihasilkan menjadi semakin
panjang ketika adanya hambatan jalan rusak. Namun jika jalan pada rel kereta api
tidak rusak, waktu terurai antrean kendaraan menjadi semakin singkat.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309280008
Keyword