(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

GAME EDUKASI SEJARAH KEBANGSAAN DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE MENGGUNAKAN UNITY (Studi Kasus: SDN 1 Sidodadi Asri)


Perkembangan teknologi modern telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan bukan hanya tentang ilmu pengetahuan, tetapi juga mencakup pembentukan karakter dan nilai-nilai moral. Pendidikan karakter, termasuk patriotisme dan wawasan kebangsaan, sangat penting dalam membentuk siswa yang bertanggung jawab di masyarakat. Sejarah kebangsaan memiliki peran penting dalam mengajarkan nilai-nilai ini. Namun, seringkali siswa merasa kesulitan memahami sejarah dan kekurangan minat dalam pembelajaran ini. Dan dengan game edukasi merupakan salah satu solusi inovatif dalam peningkatan minat belajar siswa. Dalam penelitian ini mengembangkan game edukasi berjudul "Freedom or Die" dengan Unity sebagai platform pengembangan. Game ini dirancang khusus untuk siswa kelas V di SDN 1 Sidodadi Asri dengan memperhatikan gaya belajar mereka. Game ini mengintegrasikan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam pembelajaran sejarah kebangsaan. Metode pengembangan mengikuti Multimedia Development Life Cycle (MDLC), memberikan panduan dalam menciptakan produk multimedia berkualitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game ini berhasil memfasilitasi pembelajaran sejarah kebangsaan. Dalam pengukuran efektivitas, pengujian Black Box dan System Usability Scale (SUS) dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa game ini efektif, dinilai baik oleh siswa dengan persentase kelayakan mencapai 75,1% yang berarti nilai skor SUS berada pada diantara kondisi good dan excellent berdasarkan adjective ratings yang artinya game sudah layak untuk digunakan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309280006

Keyword