(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Rekayasa Lalu Lintas Dengan Memaksimalkan Kapasitas Ruas Jalan Pada Perlintasan Sebidang Kereta Api Menggunakan Model Greenshields (Study Kasus: Jalan Pemuda Tanjung Karang)


Hambatan samping seperti bahu jalan yang digunakan pedagang kaki lima untuk berjualan dan parkir liar kendaraan mengakibatkan penggunaan jalan menjadi tidak efektif. Salah satu dampaknya yaitu pada perlintasan jalan Pemuda Tanjung Karang dengan jalur rel kereta api terdapat peningkatan panjang antrean dan untuk memperpendek panjang antrean dilakukan simulasi rekayasa lalu lintas dengan memaksimalkan kapasitas ruas jalan seperti menghilangkan atau mengalokasikan hambatan samping. Rekayasa ini disimulasikan dengan melihat panjang antrean yang terbentuk menggunakan model Greenshields dan metode grafik. Dari hasil pengamatan lalu lintas weekend diperoleh arus masuk sebesar 587 smp/jam, dan lalu lintas weekday diperoleh arus masuk sebesar 707 smp/jam. Hasil simulasi panjang antrean sebelum dilakukan rekayasa lalu lintas sebesar 404 m dan 437 m. Setelah dilakukan rekayasa lalu lintas panjang antrean menjadi 181 m dan 189 m.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309270019

Keyword