(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perbandingan Metode C4.5 dan Naive Bayes untuk Klasifikasi Kepuasan Pengguna Terhadap Produk The Originote


Perawatan kulit atau skincare sudah menjadi topik yang sangat popular dalam industri kesehatan dan kecantikan belakangan ini. The Originote ialah salah satu produk yang digunakan untuk merawat kulit wajah yang saat ini sedang viral di tiktok dan ramai digunakan oleh banyak orang. Penelitian terdahulu yang dilakukan dengan menggunakan dua metode yang sama yaitu C4.5 dan Naïve Bayes terdapat perbedaan hasil. Maka peneliti kembali menggunakan kedua metode tersebut untuk dibandingkan ulang. Sedangkan objek produk The Originote diangkat pada penelitian ini dikarenakan belum pernah dilakukan klasifikasi pada objek tersebut. Adapun tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat performansi antara metode C4.5 dan Naïve Bayes dalam melakukan klasifikasi kepuasan pengguna terhadap produk The Originote. Alur penelitian dimulai dari melakukan identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, pemodelan data, evaluasi, analisis dan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa C4.5 merupakan metode yang paling baik dengan akurasi sebesar 90%, presisi 93%, dan recall 93%. Sedangkan metode Naive Bayes akurasi sebesar 85%, presisi 93

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309270015

Keyword