Bandara Radin Inten II (Branti) sebagai Strategi Perancangan Kawasan Natar
Bandara Radin Inten II (Branti) sebagai Strategi Perancangan Branding
Kawasan Natar
Ari Kurniawan Ramadhan NIM 119380010
PG Wisnu Wijaya, M.Sn., Candra Prayogi, M.Ds.
ABSTRAK
Kecamatan Natar menjadi salah satu wilayah dengan sektor perekonomian UMKM
yang cukup potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan ekonomi yang maju,
didukung dengan hadirnya Bandar Udara Radin Inten II yang menjadikan
Kecamatan Natar sebagai pusat transisi dan mobilisasi bagi pengguna transportasi
udara Provinsi Lampung. Akan tetapi, potensi tersebut belum banyak diketahui oleh
pengguna transportasi udara yang berasal dari luar daerah dikarenakan minimnya
informasi dan kegiatan promosi. Adapun tujuan dari perancangan ini adalah
menciptakan sebuah identitas visual yang dapat merepresentasikan Kecamatan
Natar dan mengemas potensi-potensi ekonomi yang tersedia. Perancangan ini
menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif
dengan pengumpulan data melalui observasi, studi literatur dan wawancara yang
dapat dijadikan acuan dalam analisa data. Penelitian ini menggunakan metode
analisa city branding hexagon dan menggunakan metode perancangan the branding
process dalam dalam merumuskan gagasan serta merangkum strategi kreatif
menjadi sebuah elemen yang digunakan sebagai identitas kawasan, dengan luaran
berupa logo dan tagline Kecamatan Natar : “Harmoni dalam Dimensi” serta
gagasan Zona Ekonomi Terpadu sebagai penghubung potensi masyarakat lokal
dengan ekonomi modern. Luaran tersebut diterapkan dalam berbagai media
meliputi grafis nuansa kota, grafis transportasi, motion grafis, augmented reality,
dan konten publikasi media sosial.
Kata kunci: branding, ekonomi, identitas kawasan, Natar, UMKM
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309260032
Keyword