Bandara Radin Inten II (Branti) sebagai Strategi Perancangan Kawasan Natar
		
		
		
			Bandara Radin Inten II (Branti) sebagai Strategi Perancangan Branding
Kawasan Natar
Ari Kurniawan Ramadhan NIM 119380010
PG Wisnu Wijaya, M.Sn., Candra Prayogi, M.Ds.
ABSTRAK
Kecamatan Natar menjadi salah satu wilayah dengan sektor perekonomian UMKM 
yang cukup potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan ekonomi yang maju, 
didukung dengan hadirnya Bandar Udara Radin Inten II yang menjadikan 
Kecamatan Natar sebagai pusat transisi dan mobilisasi bagi pengguna transportasi 
udara Provinsi Lampung. Akan tetapi, potensi tersebut belum banyak diketahui oleh 
pengguna transportasi udara yang berasal dari luar daerah dikarenakan minimnya 
informasi dan kegiatan promosi. Adapun tujuan dari perancangan ini adalah 
menciptakan sebuah identitas visual yang dapat merepresentasikan Kecamatan 
Natar dan mengemas potensi-potensi ekonomi yang tersedia. Perancangan ini 
menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif 
dengan pengumpulan data melalui observasi, studi literatur dan wawancara yang 
dapat dijadikan acuan dalam analisa data. Penelitian ini menggunakan metode 
analisa city branding hexagon dan menggunakan metode perancangan the branding
process dalam dalam merumuskan gagasan serta merangkum strategi kreatif 
menjadi sebuah elemen yang digunakan sebagai identitas kawasan, dengan luaran 
berupa logo dan tagline Kecamatan Natar : “Harmoni dalam Dimensi” serta 
gagasan Zona Ekonomi Terpadu sebagai penghubung potensi masyarakat lokal 
dengan ekonomi modern. Luaran tersebut diterapkan dalam berbagai media 
meliputi grafis nuansa kota, grafis transportasi, motion grafis, augmented reality,
dan konten publikasi media sosial.
Kata kunci: branding, ekonomi, identitas kawasan, Natar, UMKM 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309260032 
			Keyword