(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Bandara Radin Inten II (Branti) sebagai Strategi Perancangan Kawasan Natar


Bandara Radin Inten II (Branti) sebagai Strategi Perancangan Branding Kawasan Natar Ari Kurniawan Ramadhan NIM 119380010 PG Wisnu Wijaya, M.Sn., Candra Prayogi, M.Ds. ABSTRAK Kecamatan Natar menjadi salah satu wilayah dengan sektor perekonomian UMKM yang cukup potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan ekonomi yang maju, didukung dengan hadirnya Bandar Udara Radin Inten II yang menjadikan Kecamatan Natar sebagai pusat transisi dan mobilisasi bagi pengguna transportasi udara Provinsi Lampung. Akan tetapi, potensi tersebut belum banyak diketahui oleh pengguna transportasi udara yang berasal dari luar daerah dikarenakan minimnya informasi dan kegiatan promosi. Adapun tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan sebuah identitas visual yang dapat merepresentasikan Kecamatan Natar dan mengemas potensi-potensi ekonomi yang tersedia. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, studi literatur dan wawancara yang dapat dijadikan acuan dalam analisa data. Penelitian ini menggunakan metode analisa city branding hexagon dan menggunakan metode perancangan the branding process dalam dalam merumuskan gagasan serta merangkum strategi kreatif menjadi sebuah elemen yang digunakan sebagai identitas kawasan, dengan luaran berupa logo dan tagline Kecamatan Natar : “Harmoni dalam Dimensi” serta gagasan Zona Ekonomi Terpadu sebagai penghubung potensi masyarakat lokal dengan ekonomi modern. Luaran tersebut diterapkan dalam berbagai media meliputi grafis nuansa kota, grafis transportasi, motion grafis, augmented reality, dan konten publikasi media sosial. Kata kunci: branding, ekonomi, identitas kawasan, Natar, UMKM

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309260032

Keyword