(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Buku Ilustrasi Edukasi Nilai Budaya Gotong-Royong dari 5 Provinsi di Sumatera untuk Sekolah Dasar


Pengenalan budaya Gotong-Royong pada anak-anak sangat penting untuk generasi Indonesia, generasi saat ini telah menjadi hal yang harus ditanamkan kepada setiap anak sejak dini dalam persatuan dan kesatuan serta tali persaudaraan supaya membawa perubahan yang lebih baik. Perancangan ini mengenai nilai budaya gotong-royong 5 provinsi yaitu Lampung, Jambi, Sumatera Utara, Riau, dan Aceh. Upaya pengenalan pada budaya gotong-royong merupakan bentuk hal mendasar yang harus dipahami serta diterapkan sejak dini. Oleh karena itu dalam perancangan ini bermaksud untuk bisa mengetahui cara merancang media Desain Komunikasi Visual tentang budaya gotong- royong dengan efektif serta edukatif sebagai bentuk pengenalan nilai-nilai budaya gotong- royong di Sumatera dengan menggunakan teknik serta media yang tepat agar mengedukasi anak-anak sekolah dasar untuk mulai menerapkan nilai-nilai budaya gotong- royong. Manfaat yang didapat dari perancangan ini yaitu menambah pemahaman serta pengetahuan anak terkhusus untuk anak sekolah dasar tentang menerapkan nilai-nilai budaya gotong-royong di kehidupan sehari-hari. Menurut proses perancangan ini diperoleh hasil yaitu dengan adanya media desain komunikasi visual langkah selanjutnya melakukan hal berupa adanya buku edukasi dalam bentuk ilustrasi tentang nilai-nilai budaya gotong-royong untuk anak-anak sekolah dasar. Perancangan ini dimaksudkan agar salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan semangat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam nilai-nilai gotong-royong untuk anak-anak sekolah dasar di Sumatera. Hasil dari perancangan buku ilustrasi ini dibuatkan dalam bentuk buku yang interaktif serta menyenangkan dengan media tambahan lainnya seperti kuis, game, serta media pendukung lainnya sebagai bentuk pendorong edukasi mengenai gotong-royong 5 provinsi.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309260028

Keyword