(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Branding Destinasi Wisata Kuliner Kawasan Kampung Pempek 26 Ilir Dengan Pendekatan Emosional Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pasca Pandemi


Industri kreatif menjadi salah satu hal penting dalam perputaran ekonomi. Industri kreatif didefinisikan juga sebagai pencipta nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia dan berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, termasuk warisan dan budaya. Masalah Globalisasi pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor perekonomian tidak terkecuali, perekonomian Kampung Pempek 26 Ilir di Kota Palembang yang mengalami penurunan, Hal ini terjadi perubahan peraturan di pemerintahan Kota Palembang. Upaya dalam mengembalikan minta para audience mengenai eksistensinya Kampung Pempek 26 Ilir dengan dibuatkannya perancangan strategi branding Kampung Pempek 26 Ilir. Keilmuan dari perancangan ini adalah berkaitan dengan keilmuan desain komunikasi visual. Data yang telah didapatkan diolah menlalui analisis data SWOT. Perancangan visual ini menggunakan pengalaman audience yang diolah menjadi visual melalui citra fotografi. Pada Rancangan ini strategi kreatif yang digunakan adala media fotografi komersil menggunakan pendektana emosional. Dengan hasil evaluasi dari para audience cukup menarik dengan poin sangat baik, untuk penyampaian pesan keharmonisan momen nostalgia pada perancangan ini kurang tersampaikan dengan baik pada audience laki-laki dan kurang tepat pada audience perempuan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309260023

Keyword