(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Kampanye Kearifan Lokal Lampung dalam Upaya Edukasi Pre-Emtif Tindak Pidana Begal di Kabupaten Lampung Selatan


Tujuan dari perancangan kampanye sosial adalah sebagai upaya edukasi pre-emtif tindak pidana begal di Lampung Selatan, kasus yang telah mengikis nilai kearifan lokal masyarakat Lampung. Kampanye ditujukan pada siswa/i kelas 6 SDN 1 Way Huwi Lampung Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Metode analisa yang digunakan adalah gap analysis dan 5W+1H. Adapun metode perancangan yang digunakan adalah metode the branding process dalam perumusan ide besar serta merangkum strategi kreatif menjadi sebuah ide besar yang digunakan sebagai alat penyampai pesan melalui visual pada kampanye. Luaran dari perancangan ini meliputi slogan “Orang Lampung Junjung Lampung” sebagai judul kampanye. Selain itu, terdapat juga desain karakter yang merepresentasikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Lampung yang dituangkan dalam infinity flip book, media pendukung berupa poster, wayang karakter, spanduk, x-banner, pembatas buku, label buku catatan, topi, dan baju. Kata kunci: kampanye sosial, kearifan lokal, begal, kesadaran merek

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309250021

Keyword