(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengaruh 5 Elemen Visual Desain Terhadap Persepsi Estetika Masyarakat Bandar Lampung Pada Foto Destinasi Pantai Marina Sebagai Media Promosi di Instagram


Estetika foto pantai Marina sebagai media promosi di instagram menjadi sangat penting karena estetika dapat membuat foto menjadi menarik dimana, hal tersebut dapat memengaruhi setiap yang melihatnya berminat untuk mengunjunginya. Estetika dapat dipersepsikan berbeda-beda tiap individu. Dengan demikian, sangat penting untuk memahami apa yang berkontribusi terhadap persepsi estetika bagi seseorang. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi estetika masyarakat Bandar Lampung dari foto Pantai Marina sebagai media promosi di instagram berdasarkan 5 elemen visual desain (cahaya, fokus, garis, sudut pandang, warna). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dari tiap kecamatan di Kota Bandar Lampung serta seorang expert dari bidang fotografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 dari 5 elemen visual desain berpengaruh terhadap persepsi estetika masyarakat Bandar Lampung. Elemen tersebut antara lain warna, cahaya, sudut pandang dan fokus, elemen warna adalah elemen yang memiliki pengaruh paling besar. Sedangkan elemen garis, dinyatakan tidak berpengaruh. Penelitian ini berkontribusi pada literatur estetika spesifiknya yaitu destinasi wisata pantai, serta memberikan rekomendasi kepada Pihak Pengelola Pantai Marina untuk memperhatikan, menerapkan dan menyesuaikan 5 elemen visual desain pada foto-foto Pantai Marina yang diunggah sebagai media promosi di instagram. Kata kunci: 5 elemen visual desain, instagram, estetika

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309250010

Keyword