(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Faktor Penentu Kualitas Layanan Kawasan Wisata Kuliner Pusat Kebudayaan Dan Olahraga Bandar Lampung


Kawasan kuliner PKOR merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai olahan makanan dan minuman. Pada era dengan persaingan yang kompetitif, pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata kuliner perlu didukung dengan menawarkan kualitas layanan yang lebih unggul dari pesaing lain. Dalam menghadapi kompetisi yang kompetitif tersebut perlu dilakukan strategi perbaikan kualitas layanan yang dapat mendorong peningkatan kepuasan konsumen yang mampu mendorong peningkatan keuntungan bagi para pelaku usaha di kawasan wisata kuliner. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana keterhubungan yang dimiliki antara variabel bebas skala DinEx terhadap kepuasan konsumen kawasan kuliner PKOR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif dengan menyebar kuesioner pada konsumen kawasan kuliner PKOR menggunakan skala Likert sebagai pilihan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh konsumen kawasan kuliner PKOR. Sampel pada penelitian ini dipilih secara sengaja dan penentuan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Digunakan uji validitas dan reliabilitas dalam pengujian data dan metode SEM untuk menganalisis data. Penelitian ini memperoleh hasil dua variabel yang tidak memiliki keterhubungan dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel variabel service dan atmosphere. Sedangkan variabel food, social, dan health merupakan tiga variabel yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci: Skala DinEx, kualitas layanan, kepuasan konsumen, kawasan wisata kuliner, outer model, Inner model

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309240008

Keyword