Faktor Penentu Kualitas Layanan Kawasan Wisata Kuliner Pusat Kebudayaan Dan Olahraga Bandar Lampung
Kawasan kuliner PKOR merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang
menyajikan berbagai olahan makanan dan minuman. Pada era dengan persaingan
yang kompetitif, pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata kuliner perlu
didukung dengan menawarkan kualitas layanan yang lebih unggul dari pesaing lain.
Dalam menghadapi kompetisi yang kompetitif tersebut perlu dilakukan strategi
perbaikan kualitas layanan yang dapat mendorong peningkatan kepuasan konsumen
yang mampu mendorong peningkatan keuntungan bagi para pelaku usaha di
kawasan wisata kuliner. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana
keterhubungan yang dimiliki antara variabel bebas skala DinEx terhadap kepuasan
konsumen kawasan kuliner PKOR. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif dengan menyebar kuesioner pada
konsumen kawasan kuliner PKOR menggunakan skala Likert sebagai pilihan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner. Populasi pada penelitian ini
yaitu seluruh konsumen kawasan kuliner PKOR. Sampel pada penelitian ini dipilih
secara sengaja dan penentuan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah
responden sebanyak 100 orang. Digunakan uji validitas dan reliabilitas dalam
pengujian data dan metode SEM untuk menganalisis data. Penelitian ini
memperoleh hasil dua variabel yang tidak memiliki keterhubungan dan tidak
signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel variabel service dan
atmosphere. Sedangkan variabel food, social, dan health merupakan tiga variabel
yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Skala DinEx, kualitas layanan, kepuasan konsumen, kawasan wisata
kuliner, outer model, Inner model
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309240008
Keyword