(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kampanye Bahaya Fast fashion Bagi Lingkungan Akibat Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa Kota Bandar Lampung


Fast fashion adalah produk yang diproduksi secara masal dengan waktu yang singkat dan harga produk yang murah. Meskipun memiliki beberapa kelebihan, yaitu mudah ditemui dan memiliki harga yang murah, hal ini justru menimbulkan perilaku konsumtif pada mahasiswa akan produk fast fashion. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah perancangan kampanye bahaya fast fashion bagi lingkungan akibat perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa kota Bandar Lampung. Perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data yang diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Adapun data primer diperoleh melalui wawancara serta pembagian kuesioner dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka atau literatur terkait. Perancangan kampanye bahaya fast fashion bagi lingkungan akibat perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa kota Bandar Lampung, dikemas dalam bentuk poster digital yang diunggah ke Instagram akun WALHI. Poster digital digunakan untuk media penyebar informasi tentang fast fashion dan solusi yang ditawarkan berupa gerakan #BERTUKAR untuk mengurangi perilaku konsumtif pada mahasiswa. Perancangan kampanye bahaya fast fashion bagi lingkungan akibat perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa kota bandar lampung dinilai berhasil dan cukup efisien ditinjau dari data yang diperoleh setelah melakukan aktivasi dan evaluasi dengan meninjau hasil jangkauan dan interaksi dari kegiatan program promosi berbasis digital.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309230004

Keyword