(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Metode Kano


Stasiun Kereta Api Kotabumi merupakan stasiun yang berada di Desa Cempedak, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Stasiun ini melakukan pelayanan menaikan dan menurunkan para penumpang. Para penumpang tentunya akan merasakan sebuah kinerja pelayanan stasiun yang diukur dengan tingkat kepuasan yang telah didapatkan. Pengukuran tingkat kepuasan penumpang dapat diukur menggunakan dua metode yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode kano dengan memperhatikan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, kehandalan, kemudahan dan kesetaraan yang diatur dalam Peraturan Perhubungan No. 63 Tentang Standar Pelayanan Minimum. Hasil evaluasi yang telah dilakukan menghasilkan bahwa para penumpang di Stasiun Kereta Api Kotabumi menggunakan metode IPA merasakan puas dimana nilai yang didapatkan rata-rata sebesar 93,24% akan tetapi nilai tersebut harus tetap ditingkatkan agar menjadi > 100% agar tingkat kepuasan penumpang sangat memuaskan. Metode kano digunakan untuk mengetahui atribut layanan yang sangat berpengaruh besar kepada para penumpang dengan hasil nilai tertinggi Customer Satisfacation (CS) sebesar 0,77 dan Customer Dissatisfacation (DS) sebesar -0,85 yaitu atribut terkait informasi kedatangan kereta api serta jadwal pengoperasian kereta api sehingga atribut ini harus selalu di prioritaskan. Kemudian dari hasil kedua metode tersebut diintegrasikan untuk mengetahui atribut yang harus dipertahankan dan dilakukan perbaikan dengan hasil sebanyak 12 atribut dipertahankan dan 12 atribut harus dilakukan peningkatan atau perbaikan agar dapat memenuhi Standar Pelayanan Minimum yang berlaku.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309200010

Keyword