(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STRATEGI PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN PERUMDA AIR MINUM WAY RILAU KOTA BANDARLAMPUNG BERDASARKAN FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN


Air minum adalah salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting bagi kualitas dan kelangsungan hidup manusia. Akses cakupan pelayanan air minum Kota Bandarlampung saat ini berada di kategori sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal Perumda Air Minum Way Rilau yang berpengaruh terhadap cakupan pelayanan air minum di Kota Bandarlampung beserta strategi peningkatannya dengan menggunakan data Buku Kinerja BUMD Air Minum Wilayah I tahun 2010-2021 dan hasil wawancara dengan Perumda Air Minum Way Rilau yang kemudian diolah menggunakan analisis regresi linear berganda dan SWOT IFAS EFAS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara simultan dari variabel rasio operasi, kualitas air pelanggan, konsumsi air domestik, efisiensi produksi, tingkat kehilangan air, dan rasio jumlah pegawai/1000 pelanggan terhadap cakupan pelayanan. Sedangkan untuk strategi yang dapat diterapkan oleh Perumda Air Minum Way Rilau adalah strategi WO (Weakness-Opportunities) yaitu dengan memperkecil kelemahan-kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal yang ada. Kata Kunci: Cakupan Pelayanan, Regresi Berganda, Pengaruh, Strategi

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309200009

Keyword