(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kualitas Pelayanan Anjungan Agung Mall Terminal Eksekutif Bakauheni


Transportasi laut merupakan salah satu pilihan alat transportasi yang penting di Indonesia. Salah satu contohnya yaitu Pelabuhan bakauheni yang terletak di Provinsi Lampung. Pelabuhan Bakauheni dinaungi oleh PT. ASDP yaitu perusahaan jasa yang bergerak di sektor penyeberangan dan pelabuhan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa, perlunya memberikan kualitas pelayanan dengan baik agar kepuasan konsumen dapat terwujud. Oleh karena itu, perusahaan penyedia jasa diharuskan untuk memprioritaskan konsumen atau pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan di Anjungan Agung Mall (AAM) Terminal Eksekutif Bakauheni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix method dengan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain of Customer Value (PGCV). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya perbaikan dari pelayanan yang diberikan oleh AAM karena dinilai masih kurang oleh pengunjung. Pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan yaitu terdapat pada atribut 19 mengenai promosi dan penawaran dari AAM kepada pengunjung. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengunjung di AAM masih belum baik dan perlu dilakukan peningkatan. Kata Kunci: Bakahueni, Kepuasan Pengunjung, Importance Performance Analysis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309190025

Keyword