(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kajian Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga (Studi Kasus: Ruas Jalan Sp. Korpri - Sukadamai STA: 8+400 - 11+000)


Jalan menjadi salah satu prasarana penting dalam mendukung peningkatan ekonomi Pertumbuhannya mobilisasi beriringan dengan pertumbuhan lalu lintas, kendaraan-kendaraan berat yang melintas untuk mendistribusi barang semakin berkembang sehingga diperlukan adanya lintasan jalan yang lebih singkat. Jalan Raya PTPN VII Trikora merupakan salah satu jalan provinsi yang sering kali dilalui kendaraan berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi serta memberikan rekomendasi penanganan pemeliharaan pada kerusakan jalan. Pelakasanaan penelitian ini dengan melakukan survei visual secara manual di lapangan untuk memperoleh jenis, keparahan, dan ukuran kerusakan pada perkerasan, kemudian melakukan traffic counting untuk menentukan kelas LHR jalan. Penilaian kondisi perkerasan jalan digunakan metode PCI (Pavement Condition Index) dan penentuan penanganan berdasarkan pada metode Bina Marga. Berdasarkan hasil kajian, kondisi perkerasan ruas jalan PTPN VII Trikora pada arah A (Bandar Lampung – Metro) terdapat 7 segmen dengan program penanganan rutin, 11 segmen penanganan berkala, 4 rehabilitasi, serta 4 segmen peningkatan, sedangkan pada arah B (Metro – Bandar Lampung) terdapat 9 segmen dengan penanganan rutin, 7 segmen penanganan berkala, 7 segmen rehabilitasi, serta 3 segmen peningkatan. Nilai IRI yang diperoleh yaitu menggunakan nilai korelasi parameter PCI dengan IRI di mana IRI = 12.905-0.119×PCI. Adapun program penanganan yang diusulkan mengacu pada Permen PU No. 13 Tahun 2011. Secara ringkas, metode penanganan yang diperlukan antara lain penggantian tambalan, penambalan, pengisian celah, dan pemotongan slab untuk perkerasan rigid, sedangkan pada perkerasan fleksibel diperlukan penggantian tambalan, penambalan, pengisian celah, pelapisan ulang, penimbunan atau regrading bahu, dan perbaikan bahu jalan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309190024

Keyword