(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Desain Fondasi Bored Pile dengan Variasi Dimensi Menggunakan Metode LRFD pada Proyek Pembangunan Jembatan Sungai Langan STA 1+700 Ruas Bengkulu-Taba Penanjung


Pembangunan infrastruktur jembatan memainkan peran penting dalam mendukung konektivitas dan perkembangan ekonomi suatu wilayah. Salah satu aspek kunci dalam perencanaan dan konstruksi jembatan adalah desain fondasi yang kuat dan aman. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis desain fondasi bored pile dengan variasi dimensi menggunakan Metode LRFD (Load and Resistance Factor Design) oleh Reese dan Onail pada proyek pembangunan Jembatan Sungai Langan STA 1+700 Ruas Bengkulu-Taba Penanjung. Pada penelitian ini, variasi dimensi fondasi bored pile akan dieksplorasi untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap kekuatan dan keamanan fondasi nilai variasi yang digunakan adalah diameter 0.6m, 0.8m dan 1m. Metode LRFD dipilih karena memberikan pendekatan yang lebih rasional dalam perhitungan beban dan faktor resistansi, sehingga menghasilkan desain fondasi yang lebih andal. Metode penelitian ini mencakup pengumpulan data geoteknikal, analisis beban, dan perhitungan desain fondasi bored pile. Hasil analisis akan dibandingkan untuk variasi dimensi fondasi bored pile yang berbeda, termasuk diameter dan panjang pile. Pada Abutment 1 diperoleh nilai daya dukung tanah aksial dengan variasi dimensi berurutan sebesar 3542.54 kN, 4848.99 kN, 6218.24 kN. Pada Pier diperoleh nilai daya dukung tanah aksial sebesar 3907.05 kN, 5335.00 kN, 6825.74 kN. Pada Abutment 2 diperoleh nilai daya dukung tanah aksial dengan variasi dimensi berurutan sebesar 3909.29 kN, 5306.59 kN, 6750.99 kN. Dari hasil daya dukung tanah pada setiap struktur bawah diperoleh bahwa kebutuhan fondasi dengan diameter 0.6m adalah sebanya 36 buah dengan konfigurasi 6 x 6, fondasi dengan diameter 0.8m adalah sebanyak 20 buah dengan konfigurasi 5 x 4 dan fondasi dengan diameter 1m sebanyak 16 buah dengan konfigurasi 4 x 4. Evaluasi tersebut akan memberikan wawasan tentang bagaimana dimensi fondasi dapat memengaruhi kekuatan, stabilitas, dan kinerja keseluruhan fondasi pada proyek jembatan ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan desain yang lebih baik dan efisien untuk fondasi bored pile pada proyek jembatan Sungai Langan. Hasil analisis dapat menjadi referensi bagi insinyur dan perencana proyek untuk memastikan bahwa fondasi jembatan memenuhi standar keamanan dan kinerja yang diperlukan dalam kondisi beban yang beragam. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi sumbangan penting dalam pengembangan metode desain fondasi yang lebih canggih dan optimal dalam proyek-proyek infrastruktur masa depan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309180014

Keyword