(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA PUSAT PERBELANJAAN (Studi Kasus: Bekasi Cyber Park Mall)


Daerah perkotaan sangat identik dengan area hiburan berupa pusat perbelanjaan atau mall, begitu pula dengan Kota Bekasi yang memiliki beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi andalan bagi warga Kota Bekasi salah satunya adalah Bekasi Cyber Park Mall. Berada di pusat sentra bisnis Kota Bekasi, akan dapat memungkinkan terjadinya kepadatan lalulintas pada jalan sekitar mall. Analisis ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik parkir, kebutuhan parkir pada Bekasi Cyber Park Mall, serta membandingan kebutuhan parkir pada beberapa pusat perbelanjaan lain berdasarkan standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1998. Metode yang digunankan pada penelitian ini yaitu dengan melalukan pengamatan langsung dilapangan dengan pencatatan nomor kendaraan serta waktu masuk dan waktu keluar kendaraan. Kemudian data tersebut dianalisis untuk mendapatkan karakteristik parkirnya. Berdasarkan analisis karakteristik parkir pada Mall Bekasi Cyber Park yaitu akumulasi maksimum tertinggi didapatkan pada pukul 14:01 WIB – 15:00 WIB untuk mobil dengan akumulasi 1056 kendaraan, untuk sepeda motor didapatkan pada pukul 15:01 WIB – 16:00 WIB dengan akumulasi 643 kendaraan. Durasi parkir untuk mobil didapatkan rata-rata 1,42 jam sedangankan motor 2,28 jam. Rata-rata volume harian untuk mobil adalah 2683 kendaraan, adapun untuk sepeda motor adalah 3131 kendaraan. Indeks parkir maksimum untuk mobil adalah 83%%, serta untuk sepeda motor adalah 81%%. Rata-rata tingkat turnover parkir mobil adalah 0,26 kend/hari/ruang, serta untuk sepeda motor adalah 0,18 kend/hari/ruang. Penyediaan ruang parkir harian untuk mobil didapatkan sebanyak 6344 kendaraan serta 6671 kendaraan untuk motor. Jadi secara keseluruhan area parkir di Mall Bekasi Cyber Park masih mampu memenuhi kebutuhan parkir.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2309070013

Keyword