(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Tingkat Pelayanan Moda BRT (Bus Rapid Transit) Berdasarkan Persepsi Mahasiswa dalam Mendukung Kegiatan Pendidikan (studi kasus: Rute Internal ITERA)


Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yakni institusi negeri pertama di Pulau Sumatera yang luasnya mencapai 275 H. Mahasiswa pendatang lazimnya membawa alat transportasi. Kondisi ini berdampak pada sulitnya mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan, karena jarak antar gedung yang cukup jauh bagi mahasiswa untuk berjalan kaki, sehingga dengan adanya BRT dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan di dalam kampus. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas ketersediaan BRT serta tingkat pelayanan moda BRT berdasarkan persepsi mahasiswa. Metode yang dijadikan acuan yaitu didapat dari PM No 114 Tahun 2019, penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna BRT, analisis data menggunaka metode Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kondisi eksisting ada beberapa fasilitas yang belum memenuhi standar peraturan diantaranya tidak tersedia identitas pengenal kendaraan, tidak tersedia identitas pengenal awak, tidak tersedia layanan nomor darurat. Analisis data berdasarkan metode IPA fasilitas yang perlu perbaikan yang perlu diperioritaskan yakni tersedianya informasi tanggap darurat pengaduan pelayanan, keramahan supir terhadap penumpang, radius layanan sampai ke tempat tujuan, pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan rute yang diberikan, tersedianya informasi pelayanan jadwal operasi dan rute yang dilayani BRT dan waktu menunggu kedatangan BRT relatif singkat. Kata Kunci: Bus Rapid Transit, Tingkat Pelayanan, Importance Performance Analysis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308170007

Keyword