(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

MODEL MATEMATIKA KOMPETISI ANTAR OJEK ONLINE DI INDONESIA


Ojek online adalah transportasi umum di Indonesia dimana pemesanannya dilakukan secara daring melalui bantuan aplikasi dalam smartphone yang memudahkan pengguna jasa untuk memanggil pengemudi ojek. Dari banyaknya ojek online diseluruh Indonesia, pada penelitian ini berfokus pada tiga kompartemen yaitu Grab, Gojek, dan Maxim. Pada ketiga jasa transportasi online tersebut, banyak fitur-fitur yang ditawarkan seperti jasa layanan kendaraan roda dua, jasa layanan kendaraan roda empat, jasa pengantaran makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan. Dalam penggunaan jasa layanan ojek online terjadi pertumbuhan yang dikarenakan semakin banyaknya pengguna dan penurunan yang diakibatkan oleh kompetisi yang terjadi pada dirinya sendiri maupun kompetisi yang terjadi karena ojek online lainnya. Pada Tugas Akhir ini dilakukan pemodelan matematika kompetisi antar ojek online untuk mengetahui besarnya pengaruh antar ojek online. Dilakukan analisis dan simulasi, dari penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil bahwa Grab tidak memberi pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan Gojek. Tetapi sebaliknya, pada Maxim memberi pengaruh yang besar pada pertumbuhan Gojek. Hal yang sama juga terjadi jika nilai estimasi parameter Grab terhadap Gojek dibuat nilai estimasi parameter lebih besar atau lebih kecil, pengaruh yang diberikan terhadap Gojek tidak besar. Pada Maxim jika dibuat nilai estimasi parameter lebih kecil, maka pengaruhnya juga kecil. Tetapi jika dibuat nilai estimasi parameter lebih besar, maka pengaruhnya besar terhadap Gojek.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308170004

Keyword