Perancangan Geometri Jalan Rel Tegineneng - Terbanggi Besar dengan Lebar Sepur 1067 mm
Penggunaan transportasi berbasis jalan rel sangat efektif dan efisien dalam
melayani tingginya kebutuhan pergerakan penumpang dan barang, hal tersebut
karena transportasi berbasis jalan rel memiliki kapasitas dan kecepatan yang lebih
tinggi dibandingkan transportasi berbasis jalan raya. Oleh karena itu, penulis akan
mendesain geometri jalan rel kereta api yang direncanakan akan berdampingan
dengan Jalan Tol Trans Sumatera. Jalur rel ini akan dirancang dari Gerbang Tol
Tegineneng – Gerbang Tol Terbanggi Besar menggunakan jalur ganda (double
track) dengan lebar sepur 1067 mm. Perancangan yang dilakukan meliputi
perancangan geometri jalan rel, struktur jalan rel, drainase jalan rel, panjang
emplasemen dan dimensi wesel. Pada perancangan jalan rel ini menggunakan
klasifikasi jalan rel kelas I. Alternatif trase yang terpilih memiliki panjang jalur
31,26 km, terdapat 6 lengkung horizontal tipe spiral circle spiral (SCS) dan 4
lengkung vertikal dengan jari-jari minimum 6000 m. Struktur jalan rel yang
direncanakan terdari dari rel tipe R60, penambat elatis ganda, bantalan beton,
balas dengan tebal 30 cm dan sub-balas 40 cm. Pada perancangan drainase jalan
rel mendapatkan 3 dimensi saluran, yaitu 60 cm x 40 cm dengan tinggi jagaan 30
cm pada STA 0+000 – 16+325, 50 cm x 30 cm dengan tinggi jagaan 30 cm pada
STA 16+325 – 27+925 dan 40 cm x 20 cm dengan tinggi jagaan 20 cm pada STA
27+925 – 31+263. Sedangkan untuk penampang gorong-gorong mendapatkan 2
dimensi, yaitu berdiameter 50 cm dan 60 cm.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308100115
Keyword