(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Geometri Jalan Rel Tegineneng - Terbanggi Besar dengan Lebar Sepur 1067 mm


Penggunaan transportasi berbasis jalan rel sangat efektif dan efisien dalam melayani tingginya kebutuhan pergerakan penumpang dan barang, hal tersebut karena transportasi berbasis jalan rel memiliki kapasitas dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan transportasi berbasis jalan raya. Oleh karena itu, penulis akan mendesain geometri jalan rel kereta api yang direncanakan akan berdampingan dengan Jalan Tol Trans Sumatera. Jalur rel ini akan dirancang dari Gerbang Tol Tegineneng – Gerbang Tol Terbanggi Besar menggunakan jalur ganda (double track) dengan lebar sepur 1067 mm. Perancangan yang dilakukan meliputi perancangan geometri jalan rel, struktur jalan rel, drainase jalan rel, panjang emplasemen dan dimensi wesel. Pada perancangan jalan rel ini menggunakan klasifikasi jalan rel kelas I. Alternatif trase yang terpilih memiliki panjang jalur 31,26 km, terdapat 6 lengkung horizontal tipe spiral circle spiral (SCS) dan 4 lengkung vertikal dengan jari-jari minimum 6000 m. Struktur jalan rel yang direncanakan terdari dari rel tipe R60, penambat elatis ganda, bantalan beton, balas dengan tebal 30 cm dan sub-balas 40 cm. Pada perancangan drainase jalan rel mendapatkan 3 dimensi saluran, yaitu 60 cm x 40 cm dengan tinggi jagaan 30 cm pada STA 0+000 – 16+325, 50 cm x 30 cm dengan tinggi jagaan 30 cm pada STA 16+325 – 27+925 dan 40 cm x 20 cm dengan tinggi jagaan 20 cm pada STA 27+925 – 31+263. Sedangkan untuk penampang gorong-gorong mendapatkan 2 dimensi, yaitu berdiameter 50 cm dan 60 cm.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308100115

Keyword