Analisis Quality of Service dan Quality of Experience pada Video Conference dan Video Call Jaringan 4G dan Wifi di Daerah Bekasi dan Way Halim
Jaringan yang baik harus memberikan pertimbangan yang cermat pada tingkat layanan
yang akan disediakan untuk pelanggannya. Ketika membangun sebuah jaringan, kita
harus ingat untuk mempertimbangkan Quality of Service (QoS). Quality of Service,
atau QoS, mengacu pada metode untuk mengevaluasi tingkat layanan yang ditawarkan
oleh sebuah jaringan. Menurut standar TIPHON, metrik kualitas layanan (QoS) adalah
throughput, latensi, jitter, dan kehilangan paket. Sementara itu, kualitas pengalaman,
atau QoE, mengacu pada pengalaman yang dimiliki pengguna ketika membuat evaluasi
subjektif terhadap sistem layanan. Dalam penelitian ini, program wireshrak digunakan
untuk melakukan analisis jaringan berdasarkan faktor-faktor QoS; selain itu, metode
penelitian kuantitatif digunakan. Data mengenai QoE dikumpulkan dalam bentuk
survei dengan menggunakan evaluasi subjektif dari pengalaman pengguna. Penelitian
ini dilakukan di daerah Bekasi dan Way Halim untuk mendapatkan pemahaman tentang
kualitas layanan internet yang tersedia di kedua lokasi tersebut.. Oleh karena itu, sangat
diperlukan pengukuran untuk mengetahui seberapa baik kualitas layanan yang telah
disediakan. Hasil dari pengukuran QoS pada jaringan internet di Bekasi dapat diketahui
bahwa hari pertama dan kedua mendapat kan nilai indeks QoS sebesar 3,45 dengan
kategori “memuaskan”, dan pada daerah Way Halim mendapatkan nilai indeks QoS
sebesar 3.27 dengan kategori “memuaskan”. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas
jaringan internet untuk layanan vidio call dan vidio conference di Bekasi dan Way
Halim berdasarkan standard TIPHON masuk dalam kategori “Memuaskan”. Untuk
hasil QoE Bekasi dan Way Halim berdasarkan pengalaman pengguna rata rata sistem
line, whatssapp, zoom, google meet bisa di gunakan dengan baik, hanya line daerah
Way Halim hasil paling rendah karena kurang familiarnya sistem line.
Kata kunci : Tiphon, QoS, QoE,dan User
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308100077
Keyword