(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Quality of Service dan Quality of Experience pada Video Conference dan Video Call Jaringan 4G dan Wifi di Daerah Bekasi dan Way Halim


Jaringan yang baik harus memberikan pertimbangan yang cermat pada tingkat layanan yang akan disediakan untuk pelanggannya. Ketika membangun sebuah jaringan, kita harus ingat untuk mempertimbangkan Quality of Service (QoS). Quality of Service, atau QoS, mengacu pada metode untuk mengevaluasi tingkat layanan yang ditawarkan oleh sebuah jaringan. Menurut standar TIPHON, metrik kualitas layanan (QoS) adalah throughput, latensi, jitter, dan kehilangan paket. Sementara itu, kualitas pengalaman, atau QoE, mengacu pada pengalaman yang dimiliki pengguna ketika membuat evaluasi subjektif terhadap sistem layanan. Dalam penelitian ini, program wireshrak digunakan untuk melakukan analisis jaringan berdasarkan faktor-faktor QoS; selain itu, metode penelitian kuantitatif digunakan. Data mengenai QoE dikumpulkan dalam bentuk survei dengan menggunakan evaluasi subjektif dari pengalaman pengguna. Penelitian ini dilakukan di daerah Bekasi dan Way Halim untuk mendapatkan pemahaman tentang kualitas layanan internet yang tersedia di kedua lokasi tersebut.. Oleh karena itu, sangat diperlukan pengukuran untuk mengetahui seberapa baik kualitas layanan yang telah disediakan. Hasil dari pengukuran QoS pada jaringan internet di Bekasi dapat diketahui bahwa hari pertama dan kedua mendapat kan nilai indeks QoS sebesar 3,45 dengan kategori “memuaskan”, dan pada daerah Way Halim mendapatkan nilai indeks QoS sebesar 3.27 dengan kategori “memuaskan”. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas jaringan internet untuk layanan vidio call dan vidio conference di Bekasi dan Way Halim berdasarkan standard TIPHON masuk dalam kategori “Memuaskan”. Untuk hasil QoE Bekasi dan Way Halim berdasarkan pengalaman pengguna rata rata sistem line, whatssapp, zoom, google meet bisa di gunakan dengan baik, hanya line daerah Way Halim hasil paling rendah karena kurang familiarnya sistem line. Kata kunci : Tiphon, QoS, QoE,dan User

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308100077

Keyword