(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Penentuan Akun Yang Berpengaruh Pada Jaringan Sosial Twitter Dengan Topik Bea Cukai Menggunakan Metode Sentralitas Derajat, Sentralitas Kedekatan, dan Sentralitas Keantaraan


Analisis Jejaring Sosial adalah teknik mempelajari hubungan antar anggota dari sekelompok orang. Pada Tugas Akhir ini, hubungan yang dianalisis adalah hubungan antar pengguna media sosial yang difokuskan pada topik yang mengalami tren dalam kurun waktu tertentu, yaitu topik Bea Cukai. Tujuan Tugas Akhir ini adalah mengetahui model graf yang terbentuk dari jaringan sosial Twitter berdasarkan topik Bea Cukai dan menentukan akun pengguna yang berpengaruh dalam penyebaran informasi topik Bea Cukai di media sosial Twitter berdasarkan ukuran sentralitas derajat, sentralitas keantaraan, dan sentralitas kedekatan. Data yang digunakan adalah data tweet dari akun pengguna media sosial Twitter yang saling berinteraksi dalam topik Bea Cukai, dengan jarak antar akun yang dinyatakan dalam jumlah retweet dan reply. Hasil Tugas Akhir menunjukkan model graf yang terbentuk dari jaringan sosial Twitter berdasarkan topik Bea Cukai direpresentasikan ke dalam graf berarah dan graf berbobot, dan terdapat empat akun berpengaruh dalam penyampaian informasi terkait topik Bea Cukai di media sosial Twitter untuk masing-masing ukuran sentralitas yang digunakan. Kata kunci : graf, analisis jejaring sosial, sentralitas derajat, sentralitas keantaraan, sentralitas kedekatan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308100044

Keyword