Penentuan Akun Yang Berpengaruh Pada Jaringan Sosial Twitter Dengan Topik Bea Cukai Menggunakan Metode Sentralitas Derajat, Sentralitas Kedekatan, dan Sentralitas Keantaraan
Analisis Jejaring Sosial adalah teknik mempelajari hubungan antar anggota dari
sekelompok orang. Pada Tugas Akhir ini, hubungan yang dianalisis adalah
hubungan antar pengguna media sosial yang difokuskan pada topik yang
mengalami tren dalam kurun waktu tertentu, yaitu topik Bea Cukai. Tujuan Tugas
Akhir ini adalah mengetahui model graf yang terbentuk dari jaringan sosial
Twitter berdasarkan topik Bea Cukai dan menentukan akun pengguna yang
berpengaruh dalam penyebaran informasi topik Bea Cukai di media sosial Twitter
berdasarkan ukuran sentralitas derajat, sentralitas keantaraan, dan sentralitas
kedekatan. Data yang digunakan adalah data tweet dari akun pengguna media
sosial Twitter yang saling berinteraksi dalam topik Bea Cukai, dengan jarak antar
akun yang dinyatakan dalam jumlah retweet dan reply. Hasil Tugas Akhir
menunjukkan model graf yang terbentuk dari jaringan sosial Twitter berdasarkan
topik Bea Cukai direpresentasikan ke dalam graf berarah dan graf berbobot, dan
terdapat empat akun berpengaruh dalam penyampaian informasi terkait topik Bea
Cukai di media sosial Twitter untuk masing-masing ukuran sentralitas yang
digunakan.
Kata kunci : graf, analisis jejaring sosial, sentralitas derajat, sentralitas keantaraan,
sentralitas kedekatan
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308100044
Keyword