(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM E-TICKETING PELAYANAN DAN PENGADUAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: DISKOMINFO LAMPUNG UTARA)


Pelayanan dan pengaduan merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh suatu instansi/organisasi. Salah satu instansi yang menerapkan sistem pelayanan dan pengaduan yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lampung Utara. Proses sistem pelayanan dan pengaduan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) oleh pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Utara yang dilakukan oleh Diskominfo Lampung Utara masih menggunakan cara manual yang membuat proses memakan waktu yang cukup lama. Sehingga dibuatlah aplikasi e-ticketing berbasis website yang dapat mengelola pelayanan dan pengaduan TIK oleh pegawai OPD Lampung Utara. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan Extreme Programming karena metode ini dapat mengatasi adanya perubahan kebutuhan atau spesifikasi yang diberikan oleh client. Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan tiga metode, yaitu integration testing untuk menguji API, black box testing untuk menguji fungsionalitas sistem, dan System Usability Scale (SUS) untuk menguji kepuasan pengguna. Hasil dari pengujian SUS menghasilkan nilai rata-rata sebesar 78,33. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut diperoleh kategori acceptability yaitu Acceptable, dan grade nilai C, serta untuk adjective rating yang didapat merupakan Good.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308090117

Keyword