(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STUDI EMPIRIS PENERAPAN KEBIJAKAN ZONASI DALAM KONSEP KEADILAN RUANG DI KOTA BANDARLAMPUNG


Kebijakan zonasi sekolah adalah seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru di mana indikator diterima atau tidaknya calon peserta didik dilihat dari jarak rumah terhadap sekolah yang dituju. Kebijakan zonasi sekolah diterapkan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta mengurangi ketimpangan kualitas pendidikan antar wilayah. Pemerataan kualitas pendidikan melalui pemberlakuan kebijakan zonasi sekolah juga dilakukan untuk menghilangkan label sekolah favorit. Akan tetapi pada implementasinya, pemerataan kualitas pendidikan belum dapat dilaksanakan secara maksimal dikarenakan masih adanya ketimpangan kualitas sarana dan prasarana antar sekolah. Kota Bandarlampung merupakan salah satu wilayah yang menerapkan kebijakan zonasi sekolah terutama pada tingkat SMA. Penerapan kebijakan zonasi di Kota Bandarlampung diduga membatasi peserta didik dalam memilih sekolah yang dituju. Konsep keadilan ruang dalam menggunakan fasilitas publik mengacu kepada kesempatan yang sama bagi masyarakat untuk mengakses SMA dengan kualitas yang sama. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan konsep keadilan ruang dalam penerapan kebijakan zonasi sekolah di Kota Bandarlampung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan zonasi sekolah belum dapat dikatakan berkeadilan ruang dikarenakan masih adanya ketimpangan distribusi serta ketimpangan sarana dan prasarana sekolah.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308090082

Keyword