(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi KInerja Pelayanan Terminal Tipe A (Studi Kasus: Terminal Tipe A Rajabasa


ABSTRAK EVALUASI KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE A (STUDI KASUS: TERMINAL TIPE A RAJABASA) Oleh Haida Mulyadi NIM.118210008 Program Studi Teknik Sipil Jurusan Infrastruktur dan Kewilayahan Terminal Utama Rajabasa merupakan terminal tunggal tipe A di Provinsi lampung. Terminal ini merupakan pintu gerbang utama transportasi darat dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya. Terminal ini melayani kendaraan untuk AKAP, AKDP serta memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat. penilitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan serta merancang terminal guna melayani peningkatan volume kendaraan dan penumpang sepuluh tahun kedepan. Metode yang dijadikan acuan yaitu didapat dari PM No 24 Tahun 2021, teori antrian pada terminal, dan metode geometri increse untuk memproyeksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kondisi eksisting, nilai Intensitas kendaraan <1 menunjukkan bahwa tingkat kedatangan kendaraan lebih kecil dari pelayanannya sehingga terminal masih mampu melayani kedatangan kendaraan tersebut. Adapun prediksi jangka menengah tahun 2033 didapatkan bahwa luas parkir yang dibutuhkan sebesar 206,98 m2 dan 1455,70 m2. Hal ini dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa luas areal pengendapan untuk kendaraan AKAP dan AKDP masih mampu melayani akan ruang pengendapan yang tersedia (<3200 m2), karna permintaan lebih kecil dari kapasitas rencana, sedangkan Intensitas AKAP dan AKDP untuk 10 tahun kedepan yaitu sebesar 0,332 dan 0,304. Secara keseluruhan didapatkan intensitas angkutan umum pada Terminal Tipe A Rajabasa sebesar 0,636 (<1). Dapat disimpulkan bahwa nilai intensitas mendekati titik jenuh. maka dari itu, diperlukannya penambahan jalur keberangkatan atau jalur pelayanan untuk jangka panjang. Kata Kunci: Prediksi, Kapasitas, Pengendapan, PM 24 Tahun 2021.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308090016

Keyword