(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KEGAGALAN REL KERETA API PADA DAERAH SAMBUNGAN LAS THERMIT


Rel kereta api memiliki peran yang penting dalam transportasi massal, dan kegagalan struktural pada rel dapat mengakibatkan gangguan serius dalam operasi sistem transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan pada daerah sambungan las thermit pada rel kereta api menggunakan metode pengujian komposisi kimia, struktur mikro dan makro, dan uji kekerasan. Metode ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan sambungan las thermit pada rel kereta api. Pengujian komposisi kimia dilakukan untuk menentukan unsur- unsur yang terkandung dalam sambungan las thermit dan memastikan adanya ketepatan komposisi sesuai dengan standar yang ditetapkan. Analisis struktur mikro melibatkan penggunaan mikroskop optik dan mikroskop elektron untuk mengamati perubahan struktur mikro pada daerah sambungan las thermit. Selain itu, analisis struktur makro juga dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih komprehensif tentang keadaan fisik dan geometri sambungan las. Uji kekerasan digunakan untuk mengevaluasi ketahanan mekanis sambungan las thermit terhadap beban dan tekanan yang mungkin dialami selama operasi kereta api. Metode ini bertujuan untuk menentukan kekuatan dan ketangguhan sambungan las thermit, serta mengidentifikasi adanya keretakan, keausan, atau deformasi yang dapat menyebabkan kegagalan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola patahan makroskopik yang menunjukkan kegagalan rel akibat patah getas (brittle fracture), penambahan unsur-unsur paduan yang melampaui batas sehingga menyebabkan penurunan kualitas, dan terbentuknya fasa perlit pada pengujian struktur mikro. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sambungan las thermit, mengidentifikasi kebutuhan perawatan yang diperlukan, dan mengurangi risiko kegagalan struktural pada sistem transportasi kereta api.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308080165

Keyword