(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENERAPAN METODE ANALISIS SWOT DAN QSPM DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA CANA KAFE


Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini semakin pesat, terutama pada sektor bisnis makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan produk-produk yang dihasilkan dari bisnis ini adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia. Cana Kafe adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang bisnis makanan dan minuman yang terletak di Korpri Raya, Bandar Lampung. Adanya tantangan persaingan bisnis dengan usaha sejenis, mendorong pemilik Cana Kafe untuk memiliki strategi pemasaran yang baru dan berdaya saing agar mampu bersaing dan berkembang di era persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dan relevan untuk dapat diterapkan oleh Cana Kafe. Penelitian ini menggunakan metode Analisis SWOT dan Matrix QSPM guna sebagai alat dalam pengambilan keputusan, sehingga dapat menghasilkan strategi pemasaran yang berdaya saing. Hasil total skor pada matriks IFAS adalah 3,1, sedangkan pada matriks EFAS adalah 3,19 dalam hal ini pada diagram SWOT menunjukkan posisi pada kuadran I, yang berarti Cana Kafe dalam tahap pertumbuhan atau growth. Penelitian ini menghasilkan 11 alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Cana Kafe. Berdasarkan hasil dari 11 alternatif strategi tersebut, dihasilkan strategi yang menjadi prioritas utama yaitu melakukan kerjasama dengan marketplace ataupun digital wallet dengan nilai TAS (Total Attractive Score) sebesar 8,45 menurut perhitungan dari matriks QSPM. Kata Kunci : Matriks IFAS, EFAS, Analisis SWOT, QSPM, Strategi Pemasaran

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308080106

Keyword