(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN 7P BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA KASKOS COFFEE KORPRI


Perkembangan bisnis di bidang coffee shop mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan kebutuhan masyarakat dalam menikmati olahan kopi sebagai kebutuhan sekunder. Objek penelitian ini adalah Kaskos coffee yang terletak di korpri. Penelitian ini bertujuan melakukan identifikasi startegi pemasaran 7P terhadap kepuasan pelanggan Kaskos coffee dan merancang strategi pemasaran dari hasil pengukuran 7P. Penelitian ini bersifat mixed method. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil analisis yang telah diperoleh dapat kita disimpulkan bahwa semua variabel 7P berupa product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Kaskos coffee. Berdasarkan perhitungan nilai outer loading, ditemukan beberapa atribut dengan nilai outer loading yang rendah. Atribut tersebut adalah variabel product, promotion, people serta physical evidence. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan dengan memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di Kaskos coffee.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308080100

Keyword