(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGARUH VARIASI KETBALAN PLAT PVC TERHADAP KEKUATAN MEKANIK TANPA MENGGUNAKAN PEREKAT


Kegagalan bantalan rel kereta api yang dibuat di daerah PT. KAI Divre IV Rejosari diakibatkan karena belum adanya pengujian lebih lanjut mengenai standarisai PVC sebagai bahan dasar pembuatan bantalan rel. Dikarenakan tidak adanya produksi PVC dengan ketebalan yang besar maka penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari penambahan variasi lapisan pada PVC dan pengaruh perekatan dengan menggunakan perekat epoxy, perekat mekanik dan tanpa menggunakan perekat. Hasil dari pengujian material PVC mempunyai nilai kekerasan yang rendah dengan nilai rata-rata kekerasan sebesar 12,7 HBN. Kekuatan tekuk tertinggi terdapat pada spesimen variasi 1 lapisan dengan nilai kekuatan tekuk sebesar 37,09 MPa dan kekuatan tekuk terendah terdapat pada spesimen variasi 4 lapisan dengan nilai kekuatan tekuk sebesar 12,36 MPa. Selanjutnya nilai modulus tekuk tertinggi pada pengujian tekuk terdapat pada spesimen variasi 4 lapisan dengan nilai modulus tekuk sebesar 3,12 GPa dan nilai modulus tekuk terendah pada pengujian tekuk terdapat pada spesimen 2 dengan varian dua lapisan dengan nilai sebesar 1,07 GPa. Kekuatan tekan tertinggi terdapat pada spesimen 1 variasi satu lapisan dengan nilai kekuatan tekan sebesar 54,85 MPa dan kekuatan tekan terendah terdapat pada spesimen 4 variasi empat lapisan dengan nilai kekuatan tekan sebesar 53,98 MPa.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308080063

Keyword