(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelengkapan Dokumen Perkuliahan Prodi Dengan Menerapkan Konsep Gamifikasi (Studi Kasus: Teknik Informatika ITERA)


Program studi (prodi) merupakan kesatuan rencana belajar yang digunakan untuk pedoman di dalam berlangsungnya kegiatan pendidikan akademik yang diselenggarakan dengan berdasarkan kurikulum. Salah satu tugas prodi yaitu melengkapi dokumen perkuliahan yang akan digunakan saat audit mutu internal (AMI) dan proses akreditasi. Di dalam pengumpulan dokumen perkuliahan oleh dosen yang mengampu suatu kelas di prodi Teknik Informatika masih banyak terdapat keterlambatan. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya poin penilaian ketika dilakukan AMI dan terhambatnya kenaikan akreditasi prodi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penelitian ini berfokus pada merancang sistem monitoring kelengkapan dokumen perkuliahan prodi yang menerapkan konsep gamifikasi serta mengukur kinerja dari sistem tersebut. Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode extreme programming sampai dengan tiga iterasi. Pengujian yang dilakukan untuk mengukur kinerja dari sistem ini ada dua yaitu pengujian untuk menguji fungsional dari sistem dengan black box testing dan pengujian untuk menguji usability dari sistem dengan menggunakan system usability scale (SUS). Pada pengujian dengan menggunakan black box testing diperoleh hasil bahwa rancangan sistem yang telah dibangun dapat berjalan sesuai dengan rancangan desain awal sistem. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengujian dari 90 skenario yang dilakukan pada semua fitur yang ada di dalam sistem menghasilkan hasil pengujian “berhasil” dengan keberhasilan 100%. Untuk pengujian menggunakan system usability scale (SUS) diperoleh hasil score sebesar 77,8125 dengan memperoleh grade scale C yang menandakan bahwa usability dari sistem masih dapat diterima (acceptable).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308080022

Keyword